Minggu, 24 Agustus 2014

Resep Ayam Goreng Lengkuas Crispy

Resep Ayam Goreng Lengkuas Crispy - Bagi sebagian orang tentu heran melihat bentuk dari lapisan ayam goreng lengkuas. Kok ada taburannya namun tak seperti tepung. Bagi yang belum tahu, lapisan itu akibat dari parutan lengkuas. Dari sini pulalah tercipta nama resep ayam goreng lengkuas karena bahan utamanya adalah ayam dan lengkuas. Terus gimana rasanya ayam goreng kok dibumbuhi lengkuas yang bisa dikatakan teramat banyak? Bagaimana cara masak ayam goreng lengkuas.

Resep Ayam Goreng Lengkuas Crispy

Apakah rasa dari ayam goreng lengkuas cenderung pahit? Tentu tidaklah karena bumbu lain akan mengaburkan rasa pahit. Sehingga tercipta rasa gurih, lebih gurih dibanding ayam goreng jenis lainnya seperti ayam bakar jawa. Apakah anda tidak tidak percaya? Yuk langsung lihat resepnya di kafe resep, masak di dapur tercinta dan anda akan menemukan rasa ayam goreng lengkuas yang sangat nikmat.

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Bahan
  • Ayam pedaging/ayam kampung 1/2 ekor, potong menjadi beberapa bagian
  • Lengkuas (pilih yang masih muda) sebanyak 50 gram
  • Air matang 250 cc
Bumbu Utama
  • Ketumbar 1/2 sdm
  • Kemiri 3 butir
  • Bawang Putih 2 siung
  • Bawang Merah 4 buah
Bumbu Penyedap
  • Air Asam 1/2 sdt
  • Daun Salam 1
  • Garam 1/2 sdt

Cara Masak Ayam Goreng Lengkuas

  1. Campur lalu haluskan bumbu utama, bisa mengunakan cobek.
  2. Panaskan minyak goreng kemdian tuangkan bumbu utama yang sudah dihauskan, aduk hingga baunya harum dan kecoklatan. Masukkan pula semua bumbu penyedap ke dalam, aduk sebentar sekitar 1/2 menit.
  3. Kemudian tuangkan air dan susul denga ayam, aduk merata. Tinggal tunggu sampai kandungan air berkurang dan kuah mengental, otomatis daging sudah empuk, angkat ayam.
  4. Panaskan minyak kembali di wajan yang berbeda (usahakan menggunakan minyak yang banyak). Goreng daging sampai empuk.
Ayam goreng lengkuas dimakan menggunakan nasi uduk dan di tambah tumis kangkung saus tiram terasi. Cara lain dalam menggoreng ayam goreg lengkuas adalah dengan cara memisahkan antara daging dan bumbu. Begini caranya, setelah selesai memasak ayam yang bercampur bumbu kemudian angkat dan pisahkan antara ayam dan bumbunya. Setelah itu goreng ke duanya secara terpisah, ayam sendiri dan bumbupun sendiri. Silahkan dipilih yang menurut bunda efisien. Doa saya semoga resep ayam goreng lengkuas bikinan bunda senikmat atau lebih yummy di banding buatan saya.

Resep Ayam Goreng Lengkuas Crispy Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. Bagi yang bingung untuk memulai usaha ayam goreng silahkan klik Sukses Usaha Ayam Goreng Crispy salam sukses :)

    BalasHapus